Sunday, December 23, 2012

OBAT ASAM URAT (1)

Obat Asam Urat



Apa beda antara rematik, linu, encok, dan asam urat? Dalam kamus bahasa awam, keempat istilah ini biasa dianggap sekupang dua ringgit alias tak ada bedanya. Dan karena dianggap tak ada bedanya, obat untuk semua keluhan di atas pun dianggap sama.
Dalam pandangan medis, ini jelas keliru. Menurut ilmu kedokteran, sebuah penyakit harus disebut dengan nama yang jelas, khas, spesifik agar obatnya tidak tertukar dengan obat penyakit lainnya. Karena itu, untuk menyamakan pengertian di buku ini, mari kita sepakati dulu pengertian istilah-istilah “perematikan”.

·         Rematik. Ini bukanlah nama sebuah penyakit, melainkan nama umum untuk penyakit-penyakit yang ditandai dengan gejala nyeri/encok/linu di sendi, tulang, dan otot. Total ada sekitar dua ratusan jenis penyakit rematik. Asam urat hanya salah satunya.
·         Asam urat. Ini merupakan salah satu jenis penyakit rematik. Dalam bahasa medis, disebut artritis gout. Penyebabnya adalah endapan kristal asam urat yang menyerang persendian. Asam urat ini berasal dari makanan tertentu seperti jeroan, seafood, daging merah, dsb. Yang diserang adalah persendian (engsel tulang), misalnya ruas-ruas jari, terutama jari kaki, tumit, lutut, dan pergelangan tangan.
Cirinya, sakit ini dipicu oleh makanan tertentu dan terjadi pada persendian, biasanya diawali dari sendi jempol kaki. Kalau tidak dipicu oleh makanan, atau tidak terjadi di persendian, itu biasanya bukan penyakit asam urat. Jadi, kalau rasa nyerinya di paha, belikat, punggung, pinggang, biasanya itu bukan asam urat.
Obat asam urat berbeda dari obat rematik jenis lainnya. Jadi, jangan sampai keliru. Sebagian obat asam urat bekerja dengan cara membantu tubuh menurunkan kadar asam urat. Kalau diminum penderita rematik jenis lain tentu mubazir.  

·         Pengapuran sendi. Penyakit ini sering disalah sangka sebagai asam urat padahal sama sekali berbeda. Dalam istilah medis, pengapuran sendi disebut osteoartritis. Osteo- berati tulang, artritis berarti radang sendi.
Penyakit ini biasanya terjadi pada orang lanjut usia karena bantalan sendi mengalami kerusakan, biasanya terjadi di lutut, bukan di sendi jari atau tangan. Kerusakan jaringan sendi disebabkan oleh pengaruh beban yang terus-menerus. Kemungkinan timbulnya penyakit ini makin besar pada orang gemuk atau orang yang sehari-hari bekerja mengangkat beban.
Beban berat ini akan menyebabkan bantalan sendi di lutut aus sehingga bagian saraf di tulang akan tertekan saat sendi digerakkan. Kadang sendi itu sampai mengeluarkan suara gemeretak saat digerakkan.
Yang jelas, penyebab utamanya bukan makanan seperti jeroan, seafood, daging, atau sejenisnya. Rasa nyeri timbul karena bantalan sendi yang melindungi saraf sudah aus.

·         Rheumatoid arthritis. Belum ada istilah awam untuk jenis penyakit ini. Yang jelas, ini jenis rematik bawaan yang disebabkan oleh gangguan sistem imun (pertahanan tubuh). Sistem imun yang mestinya bertugas melindungi tubuh malah menyerang tubuh sendiri dan menyebabkan nyeri di sendi-sendi. Gejalanya mirip dengan asam urat karena sama-sama menyerang persendian. Tapi penyebabnya bukan endapan kristal asam urat dan karena itu obatnya pun berbeda dengan obat asam urat. Sebagai orang awam, kita sulit membedakannya dari rematik jenis lain. Ini sepenuhnya wilayah dokter.

·         Pegel linu. Biasanya sebutan ini digunakan untuk pegal-pegal dan nyeri di sekujur otot akibat kerja fisik yang keras (bukan karena makanan). Kalau penyebabnya adalah kerja fisik yang keras, tentu ini jauh berbeda dari asam urat. Jadi, kalau dilawan dengan obat asam urat tentu muspra alias sia-sia.
Nyeri pada pegel linu terjadi karena otot kecapekan bekerja, bisa juga karena otot keseleo. Keluhan pegal linu biasanya terjadi tidak seketika setelah bekerja keras melainkan sekitar semalam sesudahnya. Dan biasanya akan pelan-pelan menghilang jika otot diistirahatkan. Jadi, kalau nyeri bisa hilang dengan pijat, balsem, atau mandi air hangat, kemungkinan kecil itu gangguan asam urat.


·         Selain beberapa contoh di atas, nyeri mirip rematik bisa juga disebabkan oleh masalah saraf. Ini juga tak ada kaitannya dengan asam urat. Di bab ini kita akan fokus membahas masalah asam urat. 


Dapatkan buku karya pemilik blog iniBUKU OBAT SEHARI-HARIterbitan Elex Media Komputindo, di Gramedia, toko buku online, dan toko buku lain.


No comments:

Post a Comment