Sunday, December 23, 2012

OBAT ASAM URAT (2)

Biang Asam Urat
Kata urat dalam asam urat  tidak berkaitan dengan kata urat dalam bahasa Indonesia yang berarti otot atau pembuluh. Asam urat adalah terjemahan dari uric acid. Urat di sini berasal dari kata yang sama dengan urine (air kemih).
Asam  urat memang seharusnya dibuang lewat air kemih. Tapi karena metabolisme tubuh terganggu, proses pembuangan tidak berjalan dengan baik. Akibatnya, asam urat akan menumpuk dan mengkristal. Bentuk kristalnya serupa jarum-jarum kecil. “Jarum-jarum neraka” ini menyebabkan terjadinya radang (inflamasi) yang menyebabkan nyeri hebat pada sendi yang terkena, disertai dengan bengkak, kemerahan, dan rasa panas.
Nyeri akibat asam urat memang juga bisa terjadi di lutut seperti pada pengapuran sendi, tapi pada umumnya organ yang pertama diserang adalah ruas jari kaki, utamanya ruas jempol.
Hingga sekarang, para ahli belum bisa memastikan kenapa seseorang menderita gangguan asam urat. Yang pasti, ada faktor keturunan. Orang yang lahir dari orangtua penderita asam urat akan punya kecenderungan menderita penyakit yang sama. Kemungkinan menderita juga lebih tinggi pada orang gemuk, punya darah tinggi, dan banyak makan jeroan, seafood, atau daging.
Kebanyakan penderita asam urat adalah pria berusia lanjut. Kabar buruknya, para ilmuwan sampai sekarang belum bisa menemukan obat untuk menyembuhkan penyakit ini. Tapi kabar baiknya, penyakit ini bisa dikendalikan dengan baik sehingga penderitanya bisa sehat tanpa gangguan berarti.
Asam urat terbuat dari satu zat yang disebut purin. Zat purin ini banyak terdapat di makanan kita sehari-hari. Oleh karena purin berasal dari makanan, maka pengendalian penyakit asam urat pun harus dilakukan lewat makanan.
Ada banyak sekali makanan yang mengandung purin. Tapi tidak semua jenis makanan berpurin akan mencetuskan nyeri. Masing-masing orang memiliki kepekaan yang berbeda terhadap makanan-makanan itu.
Secara umum, bahan-bahan di tabel berikut bisa menjadi pencetus asam urat, tergantung kepekaan masing-masing orang. Tapi ini hanya pedoman kasar. Sebagai contoh, pada sebagian orang, melinjo atau kacang bisa mencetuskan asam urat tapi pada orang lain tidak. Itu sebabnya, setiap penderita harus punya daftar sendiri jenis makanan yang memicu nyeri pada dirinya.

Kelompok
Contoh makanan
Jeroan
otak, jantung, ginjal, paru, hati, limpa, usus, dsj
Alkohol
minuman beralkohol, tape, durian, bir
Seafood
kerang, kepiting, udang, cumi-cumi, ikan teri, sarden, ikan asin, ikan pindang
Daging/kaldu
babi, bebek, entok, sapi, kambing, ayam
Kacang
kacang tanah, kedelai, dsj
Sayuran
jamur, asparagus, kembang kol, bayam
Lain-lain
melinjo, makanan yang mengandung ragi

Dari tabel di atas, yang paling perlu dijauhi adalah golongan jeroan, alkohol, dan seafood. Sebagian besar ikan (selain yang disebut di atas), daging ayam, tahu, tempe biasanya masih bisa dikonsumsi secara wajar.   

Purin Bukan Satu-Satunya Kambing Hitam
Melihat daftar makanan di atas, kita mungkin akan bertanya-tanya: kalau semua makanan di atas harus dihindari, lantas apa yang boleh dimakan penderita asam urat?
Sekali lagi, daftar di atas hanya perkiraan kasar makanan yang harus diwaspadai. Reaksi masing-masing orang terhadap makanan-makanan tersebut bisa saja berbeda. Jenis dan jumlah makanan bisa sangat mempengaruhi. Seseorang mungkin bisa terserang asam urat kalau makan gulai daging tapi tidak apa-apa saat makan bakso daging.
Purin, biang asam urat itu, sebetulnya merupakan zat yang secara alami ada di dalam tubuh kita dan terkandung di dalam hampir semua jenis makanan berprotein, dalam kadar yang berbeda-beda. Kita tidak mungkin menghindari purin. Yang perlu dilakukan hanyalah membatasi konsumsinya supaya tidak terlalu banyak.
Tinggi rendahnya kandungan purin suatu makanan atau minuman tidak selalu berbanding lurus dengan kemungkinan serangan asam urat. Kopi, misalnya. Minuman ini banyak mengandung kafein. Kafein sendiri merupakan salah satu bentuk purin. Tapi yang unik, sebagian penelitian malah menunjukkan bahwa kopi bisa bermanfaat bagi penderita asam urat.
Tentu saja kita tidak lantas bisa mengonsumsinya banyak-banyak karena kopi bisa membuat jantung berdebar-debar dan mungkin akan membuat kita mengantuk kalau tidak meminumnya. Satu cangkir sehari mungkin bisa memberi manfaat untuk mencegah serangan asam urat tanpa banyak menimbulkan mudarat.

Pencegahan Lain
Selain dianjurkan untuk sebisa mungkin menghindari makanan-makanan di atas, penderita asam urat juga dianjurkan untuk:

·         Banyak minum air putih. Penderita asam urat sebaiknya minum air putih lebih banyak daripada orang kebanyakan. Pada saat terkena serangan, penderita harus minum air lebih banyak lagi daripada hari-hari biasa. Air sangat diperlukan untuk membantu pengeluaran asam urat dari dalam tubuh.
·         Perbanyak makan buah yang banyak mengandung vitamin C. Vitamin ini menurut penelitian bisa menurunkan kadar asam urat dan memperkecil kemungkinan terkena serangannya.
·         Kurangi makan lemak. Selain mempertinggi kemungkinan penyakit jantung, lemak tinggi juga akan membuat asam urat lebih sulit dikeluarkan dari dalam tubuh.
·         Ganti sumber protein hewani ke protein nabati. Sebetulnya sumber protein nabati seperti tahu dan tempe pun mengandung purin. Tapi jika dibandingkan dengan daging hewan, kemungkiannya menjadi pencetus nyeri jauh lebih kecil. Secara umum, penderita asam urat dianjurkan lebih banyak mengonsumsi makanan nabati daripada makanan-makanan hewani. Bukan berarti penderita asam urat tidak boleh makan protein hewani sama sekali. Boleh saja tapi jumlahnya dibatasi sesuai batas amannya.
·         Lakukan olahraga secara rutin. Olahraga bisa membuat metabolisme tubuh lebih lancar. Jika metabolisme lancar, pengeluaran asam urat pun akan lebih lancar.
·         Hindari stres dan kelelahan fisik. Ketegangan mental maupun ketegangan fisik harus dihindari karena keduanya bisa mempertinggi kemungkinan serangan asam urat.

·         Usahakan langsing. Kegemukan merupakan salah satu faktor yang bisa meningkatkan kemungkinan menderita gangguan asam urat. Meski dianjurkan langsing, penderita asam urat sangat tidak dianjurkan melakukan diet tinggi protein seperti yang kini banyak dilakukan di pusat-pusat kebugaran. Sebab, diet tinggi protein justru akan meningkatkan kemungkinan gangguan asam urat. 

Dapatkan buku karya pemilik blog iniBUKU OBAT SEHARI-HARIterbitan Elex Media Komputindo, di Gramedia, toko buku online, dan toko buku lain.


No comments:

Post a Comment