Sunday, December 23, 2012

OBAT ASAM URAT (4)

Jamu Asam Urat
Hingga saat ini gangguan asam urat memang masih termasuk penyakit yang belum bisa disembuhkan. Maka tidak mengherankan banyak penderita yang kemudian berpaling ke obat tradisional.
Banyak bahan herbal yang menurut penelitian atau berdasarkan pengalaman memang bisa menurunkan kemungkinan serangan asam urat. Tapi, harap dicatat, hingga sekarang tidak ada satu pun obat tradisional maupun obat modern yang terbukti benar-benar bisa menyembuhkan asam urat. Jadi, jangan mudah percaya kepada iklan obat herbal yang mengklaim produk itu bisa menyembuhkan asam urat.
Di pasar banyak sekali jenis jamu yang diklaim sebagai obat asam urat. Jika Anda yakin jamu itu seratus persen herbal, silakan mengonsumsinya sesuai aturan. Beberapa perusahaan farmasi nasional memang memproduksi jamu/obat herbal seperti ini. Prouric® dan sejenisnya termasuk kategori ini.
Namun, sebagai konsumen kita harus hati-hati memilih jamu. Jangan sampai kita mengonsumsi jamu yang sudah dicampur dengan bahan kimia. Di pasaran masih banyak produsen jamu rematik yang dicampur dengan kortikosteroid dan fenilbutazon.
Fenilbutazon adalah salah satu pereda nyeri kuat yang memiliki banyak efek samping. Termasuk obat “keras sekali”, obat ini di beberapa negara tidak boleh lagi digunakan pada manusia karena bisa merusak sumsum tulang belakang. Hanya boleh digunakan pada hewan yang dagingnya tidak dikonsumsi seperti kuda atau anjing—ya, kedua hewan ini memang bisa juga terkena encok!
Di Indonesia, obat ini masih boleh beredar dan digunakan untuk manusia tapi kini sudah jarang diresepkan, dan justru banyak dimanfaatkan oleh produsen jamu nakal. 
Jamu-jamu seperti ini memang bisa cespleng sekali. Begitu kita minum, nyeri langsung hilang karena memang isinya obat-obat kelas berat yang kita tidak tahu apa saja isinya dan berapa dosisnya.
Jamu/obat herbal asam urat yang baik mestinya berfungsi untuk pencegahan, bukan pertolongan pertama. Kalau sebuah produk jamu diklaim bisa menghilangkan rasa nyeri saat serangan terjadi, hampir bisa dipastikan obat itu berisi obat kimia sintetis.
Bagaimanapun, minum obat herbal adalah hak pasien. Tapi pasien yang cerdas tak mudah dikibuli pabrik jamu.
Penyakti asam urat memang termasuk salah satu penyakit yang tak mudah diobati. Jika tidak dikendalikan dengan baik, gangguan asam urat bisa menjadi kronis. Ini harus dihindari.
Gangguan asam urat sebisa mungkin harus dikendalikan dengan baik, entah dengan obat modern atau obat tradisional. Kalau tidak, maka penderita akan sering minum obat pereda nyeri jangka panjang.

Padahal jika diminum jangka panjang, obat-obat ini bisa menyebabkan sakit mag. Ini yang repot. Kalau sudah terkena asam urat ditambah sakit mag, pengobatan kedua penyakit ini akan lebih sulit. Asam uratnya lebih sulit ditangani. Sakit magnya akan makin sering kambuh lagi. 

Dapatkan buku karya pemilik blog iniBUKU OBAT SEHARI-HARIterbitan Elex Media Komputindo, di Gramedia, toko buku online, dan toko buku lain.


No comments:

Post a Comment