Friday, January 11, 2013

OBAT BUAT IBU MENYUSUI (3)



5.       Obat pelancar ASI. Di pasaran, tersedia beberapa merek obat tradisional yang diklaim bisa meningkatkan produksi ASI. Biasanya obat-obat ini berisi eksrak bahan herbal, misalnya daun katuk.

Sesuai aturan pertama, sebisa mungkin hindari penggunanan obat maupun suplemen. Ini bukan sekadar terkait dengan alasan keamanan, tapi juga alasan kelengkapan gizi. Kebutuhan gizi sebaiknya dicukupi dari makanan dan minuman sehari-hari: buah, sayur, kacang-kacangan, biji-bijian, ikan, susu, daging, telur, dll.

Daripada minum pil berisi ekstrak daun katuk, akan lebih baik kalau ibu makan sayur katuk. Dengan makan sayur, ibu bisa memperoleh serat, vitamin, mineral, dan zat-zat gizi lain dalam komposisi yang lebih komplet dan seimbang.

Jika masalah produksi ASI bisa diatasi dengan suplemen, itu berarti sebetulnya masalah tersebut bisa diatasi dengan makanan. Pada umumnya penyebab kurangnya produksi ASI adalah masalah-masalah yang tidak bisa diatasi dengan suplemen. Misalnya:
·         Ibu tidak langsung menyusui anaknya begitu lahir. Inisiasi menyusu dini (IMD) dan gerakan mengisap di puting adalah cara ampuh merangsang produksi ASI.
·         Jarang menyusui. Produksi ASI sebanding dengan kebutuhan. Makin sering ibu menyusui, makin banyak produksi ASI. Sebaliknya, makain jarang ibu menyusui, makin sedikit produksi ASI.
·         Penggunaan susu formula atau dot. Keduanya bisa membuat bayi tidak suka menyusu ke ibunya sehingga permintaan ASI pun turun. 
·         Kondisi psikologis ibu. Ibu yang yakin dan tenang pada umumnya lebih mampu menyusui anaknya daripada ibu yang cemas dan tidak yakin. Dukungan suami berperan penting dalam hal ini.   
·         Kondisi kesehatan secara umum. Itu sebabnya penting bagi ibu hamil untuk makan dengan gizi seimbang dan cukup istirahat. Beberapa penyakit tertentu bisa menurunkan produksi ASI seperti hipotiroidisme atau gangguan hormonal. Untuk mengatasi penyebab terakhir ini, konsultasikan ke dokter.   

 
Jika obat membuat produksi ASI turun sampai tidak mencukupi kebutuhan bayi, sebaiknya obat dihentikan dulu. Hubungi dokter, mungkin obat perlu diganti dengan yang lebih aman. Pada masa menyusui, ASI harus mendapat prioritas. Jangan sampai hanya perkara pilek, lalu si ibu tidak menyusui bayinya.
Untuk bahan bacaan lebih lanjut, silakan berkunjung ke situs-situs yang tepercaya seperti di bawah.


1.                    http://www.tg.org.au/etg_demo/tgc/plg/breastfeeding_p.htm
2.                   http://www.otispregnancy.org/otis-fact-sheets-s13037
3.                   www.medsafe.govt.nz/profs/puarticles/lactation.htm#Primary
4.                   http://www.scribd.com/doc/34045101/Drugs-and-Human-Lactation


Dapatkan buku karya pemilik blog iniBUKU OBAT SEHARI-HARIterbitan Elex Media Komputindo, di Gramedia, toko buku online, dan toko buku lain.


No comments:

Post a Comment