Saturday, March 16, 2013

OBAT HIPERTENSI (3)

2.   Melonggarkan pembuluh darah dan menurunkan kekuatan jantung dalam memompa darah. Di kelompok ini terdapat banyak sekali jenis obatnya, antara lain:

Obat
Merek dagang
Atenolol
Tenormin®, Betablok®, Hiblok®,  Internolol®, Farnormin®, Lotenac®, Nif-Ten®, Tenblok®, Tenoret®, Zumablok®, Tensinorm®
Propanolol
Inderal®, Farmadral®
Asebutolol
Sectral®, Sectrazide®
Metoprolol
Seloken, ®, Lopresor®, Loprolol®
Bisoprolol
Concor®, Lodoz®, B-Beta®, Beta One®, Biscor®, Hapsen®, Maintate®
Karvedilol
Dilbloc®, Blorec®, Carbloxal®, V-Bloc®
Kaptopril
Capoten®, Acendril®, Acepress®, Capozide®, Captensin®, Casipril®, Dexacap®, Farmoten®, Forten®, Inapril®, Locap®, Lotensin®, Metopril®, Otoryl®, Praten®, Scantensin®, Tensicap®, Tensobon®, Tenovax®, Tensobon®, Vapril®
Enalapril
Meipril®, Renacardon®, Tenaten®, Tenace®, Tenazide®
Ramipril
Triatec®, Cardace®, Decaparil®, Hyperil®, Ramixal®, Redutens®, Vivace®, Tenapril®
Lisinopril
Zestoretic®, Inhitril®, Interpril®, Linoxal®, Noperten®, Nopril®, Odace®, Tensinop®, Tensiphar®, Zestril®
Losartan
Cozaar®, Acetensa®, Angioten®, Hyzaar®, Insaar®, Kaftensar®, Koinsar®, Lifezar®, Sartaxal®, Tensaar®
Irbesartan
Aprovel®, Co-Irvebal®, CoAprovel®, Elzar®, Fritens®, Irbedox®, Iretensa®, Irtan®, Irtan Plus®, Irvell®
Kandesartan
Blopress®, Blopress Plus®, Canderin®
Telmisartan
Micardis®, Micardis Plus®
Valsartan
Co-Diovan®, Diovan®, Exforge®
Amlodipin
Norvask®, A-B Vask®, Actapin®, Amcor®, Amdixal®, Amlocor®, Amlogrix®, Caduet®, Calsivas®, Cardicap®, Cardisan®, Cardivask®, Comdipin®, Coveram®, Divask®, Dovask®, Ertensi®, Ethivask®, Exforge®, Fulopin®, Gensia®, Gracivask®, Gravask®, Hexavask®, Intervask®, Lodipas®, Lopiten®, Lovask®, Normetec®, Normoten®, Pehavask®, Provask®, Sandovask®, Stamotens®, Tensivask®, Theravask®, Twynsta®, Vasgard®, Zevask®
Dan masih amat banyak lagi.

Saat minum obat hipertensi, kita mungkin akan mengalami efek sampingnya, misalnya batuk, diare, sembelit, sakit kepala, atau lainnya. Efek samping ini biasanya akan hilang. Meski begitu, sebaiknya konsultasikan ke dokter jika kita mengalaminya. Mungkin saja resep perlu diganti atau dosisnya perlu dikurangi.


Obat Tradisional
Di Indonesia, banyak sekali obat tradisional yang dipercaya bisa mengobati darah tinggi. Sebagian besar adalah obat-obat herbal. Banyak pasien hipertensi yang menggunakannya bahkan kadang mengonsumsinya bersama obat resep dari dokter.
Harus diakui, ilmu kedokteran memang masih belum banyak berhasil menyingkap cara kerja obat-obat tradisional. Karena itu tak heran jika dokter kadang melarang pasiennya minum obat tradisional bersama dengan obat resep. 
Bagaimanapun, minum obat tradisional adalah pilihan. Setiap orang punya hak memilih pengobatan ini. Faktanya memang banyak obat tradisional yang terbukti bisa menurunkan tekanan darah sebagaimana obat-obat resep.
Namun, demi alasan keamanan, kalau kita hendak menggabungkan obat tradisional dengan obat resep, sebaiknya kita mengomunikasikannya ke dokter. Jika digabungkan begitu saja, kedua obat ini mungkin saja bisa menyebabkan penurunan tekanan darah yang terlalu drastis. Pasien mungkin saja sampai mengalami hipotensi (tekanan darah rendah). Kondisi ini sama bahayanya dengan hipertensi.
Yang penting untuk dicatat, terapi hipertensi harus bersifat menyeluruh. Minum obat saja tidak cukup. Harus disertai pula dan perubahan pola hidup, pola makan, dan program olahraga.
Untuk referensi lebih lanjut, silakan kunjungi situs-situs kesehatan yang tepercaya. Kita tidak akan kesulitan menemukan situs berbahasa Inggris yang mengulas panjang lebar dan dalam tentang hipertensi. Jumlahnya melimpah ruah. Bahkan mungkin saja kita sampai bingung memilih karena saking banyaknya.
Sayangnya, situs referensi berbahasa Indonesia, setahu saya, belum banyak yang mengupas tentang penyakit ini secara tuntas seperti situs-situs berbahasa Inggris. Sebagai pemandu awal, Anda bisa berkunjung ke situs yang direkomendasikan oleh Perhimpunan Hipertensi Indonesia (www.inash.or.id/news.html) dan Yayasan Jantung Indonesia (www.inaheart.or.id).

Dapatkan buku karya pemilik blog iniBUKU OBAT SEHARI-HARIterbitan Elex Media Komputindo, di Gramedia, toko buku online, dan toko buku lain.



No comments:

Post a Comment