Friday, March 22, 2013

OBAT PERUT KEMBUNG


Dalam bahasa medis, perut kembung disebut dengan dispepsia (indigestion). Bahasa awamnya “salah cerna”. Gejalanya perut terasa penuh, mual, kadang sampai disertai muntah serta nyeri dan perasaan terbakar di perut bagian atas.
Penyebabnya bisa bermacam-macam, bisa dari cara makan yang salah, bisa pula dari jenis makanan yang sulit dicerna. Cara makan yang salah misalnya makan terlau banyak dalam tempo terlalu cepat. Adapun jenis makanan atau minuman yang bisa menyebabkan salah cerna misalnya makanan tinggi lemak dan protein, makanan yang belum matang, susu, makanan dengan bumbu pekat, minuman bersoda atau minuman tinggi kafein.
Makanan tinggi serat pun bisa saja menjadi pemicu perut kembung karena serat termasuk bahan pangan yang tidak bisa dicerna. Bahan makanan yang tidak bisa dicerna oleh enzim akan dicerna oleh bakteri, menghasilkan gas. Gas inilah yang menyebabkan perut terasa penuh. Pada sebagian orang, kubis atau pare dalam jumlah wajar pun bisa sampai menyebabkan kembung.
Kadang penyebabnya bukan dari makanan yang sulit dicerna, melainkan dari ketidakmampuan organ cerna, misalnya karena tidak bisa memproduksi enzim cerna. Misalnya, sebagian kecil orang tidak bisa mencerna gula susu (laktosa). Jika minum susu, ia bisa mengalami kembung sampai diare. Untuk orang seperti ini, obat kembungnya hanyalah menghindari susu. Tidak perlu minum obat.
Perut kembung bisa juga disebabkan oleh penyakit lain, seperti infeksi bakteri di saluran cerna, sakit mag, atau tukak (luka) lambung. Bisa juga disebabkan oleh kondisi kecemasan maupun akibat penggunaan obat-obat tertentu.
Sebelum memutuskan minum obat, sebaiknya kita mengidentifikasi dulu penyebabnya secara tepat. Jika kita tahu penyebabnya, kita akan lebih mudah memilih obatnya.
Jika penyebabnya adalah kebanyakan makan atau ketidakmampuan tubuh mencerna makanan, misalnya akibat terlalu banyak makan daging, kita bisa memilih obat bebas dari kategori suplemen enzim. Contoh merek dagang yang terkenal: Enzyplex®, Vitazym®, dan Tripanzym®. Suplemen ini berisi enzim-enzim yang bisa membantu pencernaan karbohidrat, lemak, dan protein.
Jika penyebabnya adalah sakit mag, kita bisa mengobatinya dengan minum obat mag dan simetikon (penyerap gas). Jenis-jenis obat mag bisa dibaca di Bab Obat Mag. Jika penyebabnya adalah infeksi bakteri, kita harus mengobati infeksinya lebih dulu. Jika obat yang kita minum tidak sesuai dengan penyebabnya, masalah kembung mungkin saja malah akan menjadi lebih parah.
Misalnya, jika penyebabnya adalah ketidakmampuan lambung mencerna protein, maka tentu akan sia-sia jika kita mengobatinya dengan obat mag. Begitu pula jika penyebabnya adalah sakit mag atau infeksi bakteri, suplemen enzim akan sia-sia saja kita minum.
Jika masalah kembung terjadi berulang-ulang, tidak bisa diselesaikan dengan obat-obat bebas, menjadi semakin parah, disertai dengan muntah atau diare, itu pertanda bahwa kita harus segera ke dokter. Kuncinya: jauhi penyebabnya lebih dulu. Jangan langsung diatasi dengan obat.
Kelompok obat yang banyak digunakan dalam obat salah cerna antara lain:

1.   Enzim cerna
Enzim yang sering digunakan di dalam obat salah cerna antara lain: pankreatin (berisi amilase, tripsin/proetase, lipase), bromelain, empedu sapi (di kemasan obat mungkin tertulis sebagai ox bile). Semua bahan ini termasuk golongan enzim cerna. Sebagian produk juga mengandung enzim dari tumbuhan, misalnya getah pepaya yang memang punya khasiat memecah protein. Semuanya termasuk kategori enzim cerna.

2.   Penyerap gas
Contoh obat: simetikon/dimetilpolisiloksan. Fungsinya menyerap produksi gas berlebih yang menyebabkan perut terasa penuh. Obat ini juga banyak digunakan pada produk obat mag. Baca juga Bab Obat Mag.

3.   Probiotik (bakteri baik)
Makanan yang tidak tercerna dengan baik akan menyebabkan pertumbuhan bakteri jahat (patogen). Bakteri nonpatogen (baik) berfungsi menekan pertumbuhan bakteri jahat ini. Contoh bakteri: Lactobacillus acidophilus, bifidobacteria, dan sejenisnya.  

Obat
Contoh merek dagang
Enzim cerna
Benozym®, Cotazym Forte®, Excelase-E®, Enzymfort®, Elsazym for Children®, Digezym®, Pankreon Comp®, Pankreon For Children®
Enzim cerna & penyerap gas
Enzyplex®, Berzymplex®, Decazym®, Elsazym®, Flazymec®, Gasflat®, Pankreoflat®, Tripanzym®, Vitazym®, Xepazym®
Bakteri baik
Laktobion®, L-Bio®, Linex Forte®


Dapatkan buku karya pemilik blog iniBUKU OBAT SEHARI-HARIterbitan Elex Media Komputindo, di Gramedia, toko buku online, dan toko buku lain.


No comments:

Post a Comment