Sunday, March 31, 2013

MAFHUM SEBELUM MINUM




Anda tahu berapa banyak jumlah merek dagang obat yang beredar di Indonesia? Saya tidak tahu angka pastinya. Setidaknya pasti puluhan ribu, bahkan mungkin hingga beberapa ratus ribu. Itu pun setiap tahun masih ada tambahan ribuan merek obat baru yang beredar. Menurut catatan Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM), sepanjang tahun 2012 saja, ada sekitar empat ribu produk obat, obat tradisional, dan suplemen yang teregistrasi. Ini baru jumlah dalam satu tahun. 

Tiap tahun ribuan produk baru membanjiri pasar, sementara kita sebagai konsumen tidak mengetahui apa-apa mengenai produk-produk ini. Kita mempercayakan urusan obat sepenuhnya kepada petugas kesehatan (dan... iklan!) Saat kita pulang dari dokter dan apotek, kita membawa satu kresek obat yang kita tidak tahu apa isinya dan bagaimana efeknya terhadap tubuh. Padahal, sebagai konsumen kita mestinya punya pengetahuan mengenai apa yang kita bayar dan kita konsumsi.  

Obat sejatinya adalah racun. Lebih tepatnya, “racun yang punya manfaat”. Dokter adalah orang yang meresepkan racun itu. Dan apoteker adalah orang yang menyediakan racun itu. Karena berurusan dengan racun itulah, dokter dan apoteker bekerja di bawah sumpah.

Sebetulnya jumlah obat esensial (yang memang sangat kita butuhkan dan sebaiknya kita ketahui) tidak begitu banyak. Hanya dalam kisaran beberapa ratus. Namun, faktanya, di Indonesia obat yang beredar di pasar jumlahnya sangat banyak. Dalam hitungan ribuan. Seolah-olah kita memerlukan semuanya. Banyaknya jumlah obat ini cukup membingungkan. Bukan hanya bagi konsumen awam, bahkan juga bagi dokter dan apoteker. (Buku Obat ini memang ditulis karena penulis berusaha mengurai kebingungan itu :p)

Buku pedoman obat yang diperuntukkan buat tenaga kesehatan sudah banyak diterbitkan. Jika Anda rajin pergi ke toko buku Gramedia atau Gunung Agung, Anda bisa mengamati, di sana biasanya ada satu rak khusus yang sepanjang tahun selalu berisi buku berjudul ISO Indonesia dan MIMS. ISO kependekan dari Informasi Spesialite Obat. MIMS singkatan dari Monthly Index of Medical Specialities. Buku-buku ini hanya untuk tenaga kesehatan seperti dokter, dokter gigi, apoteker, bidan, dan perawat. Sementara, buku panduan serupa yang ditulis untuk konsumen (yang harus membayar dan menerima risikonya) justru masih belum banyak.

Apakah orang awam perlu memiliki pengetahuan mengenai obat-obatan? Bukankah ilmu obat itu memang wilayah tenaga kesehatan?

Tentu saja konsumen tidak perlu tahu urusan obat seperti mahasiswa jurusan kedokteran atau farmasi. Yang perlu diketahui adalah pengetahuan dasar yang membuat mereka tahu apa yang mereka minum.

Penjelasan di buku ini sama sekali tidak dimaksudkan agar pembaca bisa mengobati diri sendiri dan tidak perlu datang ke dokter. Penjelasan obat di sini lebih dimaksudkan sebagai bekal pengetahuan agar orang awam mengetahui isi obat yang mereka minum, bagaimana cara kerjanya, apa efek sampingnya, dan informasi-informasi lain yang perlu diketahui.

Idealnya dokter dan apoteker memberi penjelasan gamblang kepada pasien. Namun, seperti kita tahu, kondisi layanan kesehatan di Indonesia masih jauh dari bagus. Pasien sering tidak mendapatkan penjelasan yang memadai tentang obat yang diberikan kepadanya. Bahkan, pasien yang menggunakan haknya untuk bertanya pun sering dianggap rewel dan bawel. Padahal, informasi yang penting dan jujur adalah hak pasien.

Buku ini ditulis untuk pembaca awam, karena itu tidak mengikuti kaidah umum dalam dunia ilmiah. Istilah-istilah medis yang sulit dipahami saya terjemahkan ke dalam bahasa populer yang mungkin kurang tepat—menurut standar ilmiah. Tujuannya semata-mata agar lebih mudah dipahami.

Selamat membaca. Semoga bermanfaat. Dan, seperti ungkapan khas warung padang, “Jika Anda puas, bilang kepada teman. Jika Anda tidak puas, bilang kepada kami,” begitu pula dengan buku ini. Jika Anda punya masukan, kritik, data tambahan, atau sejenisnya, silakan sampaikan ke penulis.

Salam,

Penulis


Dapatkan buku karya pemilik blog iniBUKU OBAT SEHARI-HARIterbitan Elex Media Komputindo, di Gramedia, toko buku online, dan toko buku lain.



14 comments:

  1. terima kasih..sangat bermanfaat sekali, bukan hanya untuk masyarakat awam tapi juga bagi saya petugas kesehatan dalam memberikan penjelasan tentang obat-obat, dengan bahasa yang lebih mudah difahami pasien

    ReplyDelete
  2. Terima kasih sudah sudi membaca :)

    ReplyDelete
  3. Dmn sy bisa peroleh bukunya?

    ReplyDelete
  4. Selamat malam, salam kenal nih kak.. mampir ya, blognya bagus banget nih templatenya, isinya juga keren-keren, penuh info penting dan bermutu, keep posting ya kaka ^^

    ReplyDelete
  5. Hadir kembali berkunjung dihari yang indah dan cuaca yang cerah ini, terimakasih teman karena selalu berbagi info menarik yang ter up to date, keep blogging!!

    ReplyDelete
  6. infonya sangat bermanfaat sekali mbak/mas, makasih yach!! beritanya bagus banget dan sangat menarik untuk di baca hari ini. Ijin share juga ya, terimakasih.

    ReplyDelete
  7. sudah beberapa hari saya mencari berita seperti ini, dan akhirnya.. akhirnya ketemu!! terimakasih nih ya? postingannya sangat berharga bagi saya, thanks gan!

    ReplyDelete
  8. Terimakasih atas semua artikel bermanfaat yang sudah anda publikasikan melalui blog yang menarik ini, saya tunggu postingan selanjutnya, have a nice day, kawan :)

    ReplyDelete
  9. Semua berita yang ada di website anda sangat menarik perhatian untuk di simak, salam sehat. . . !! Semoga beritanya dapat bermanfaat! share ya gan, thanks nih!!

    ReplyDelete
  10. Artikelnya sangat bermanfaat sekali, makasih ne ya!! beritanya bagus banget dan sangat menarik di baca siang ini. Ijin share juga ya, terimakasih sekali lagi.

    ReplyDelete
  11. Sebentar lagi hari raya idul adha akan tiba, jangan lupa puasa arafah bagi yang muslim, semoga tahun ini membawa berkah dan kebahagiaan. Keep posting, gan..

    ReplyDelete
  12. Semua postinga artikelnya sangat menarik untuk di simak, mohon kunjungi juga website kami, kami tunggu. terima kasih. :D

    ReplyDelete
  13. LuckyPoker13.com | Situs BandarQ | Situs Poker | Situs DominoQQ | AduQ | BandarQ Online | Sakong Online |

    1 User ID untuk 7 Game Populer
    *** BONUS TO 0.5% Di BAGIKAN 2x DALAM SEMINGGU ***
    *** BONUS REFF 20% ***
    *** EXTRA JACKPOT ***
    Proses Depo dan WD Yang Sangat Cepat
    Menang Berapa Pun Di Bayar Lunas

    Contact Us :
    - Website : www.Luckypoker.com
    - BBM : D883E18E
    - WA : +855-7093-1285
    - Line : LuckyPoker13
    - WeChat : LuckyPoker13
    - YM : Lucky.Poker13@Yahoo.com

    ReplyDelete