Friday, March 22, 2013

OBAT TAMBAH DARAH (2)


Merek Obat Tambah Darah
Di pasar terdapat cukup banyak merek dagang obat tambah darah. Biasanya mengandung zat besi (Fe), mangan (Mn), tembaga (Cu), vitamin C, asam folat, dan vitamin B12. Vitamin C sering ditambahkan ke dalam pil tambah darah karena bisa membantu penyerapan zat besi oleh usus.

Obat
Contoh merek dagang
Zat besi plus mineral & vitamin
Sangobion®, Adfer®, Bioferron®, Biosanbe®, Bufiron®, Cymafort®, Dasabion®, Diabion®, Emibion®, Fercee®, Ferobion®, Ferofort®, Ferro Gradumet®, Ferromia®, Filibion®, Fondazen®, Gromalton®, Habebion®, Hemafort®, Hemobion®, Hufabion®, Iberet-500®, Iberet Folic-500®, Inbion®, Maltofer®, Megabion®, Mirabion®, Muveron®, Natabion®, Nemicap®, Neogobion®, Nichobion®, Nonemi®, Novabion®, Obron-6®, Odiron-C®, Omegavit®, Opibion®, Pregnacare®, Prenatin-DF®, Pronita®, Ramabion®, Sakatonic Liver®, Samcobion®, Sangobion Baby®, Sangofer®, Sangotonik®, Sangovitin®, Sofero®, Suprabion®, Toniferron®, Tropifer®, Veroscan®, Vitabion®, Vitalac®
Folat/Folat plus
Erbanfol®, Folac®, Folacite®, Folaplus®, Folavit®, Nufolic®
Vit B12
Arcored®, Cyanovit®
Ekstrak Hati plus
Heparon Plus®, Livron B Plex®, Supra Livron®, Tonikum Bode®

Sekalipun ini “cuma” obat tambah darah, kita harus tetap menerapkan kehati-hatian sebelum maupun ketika mengonsumsinya. Agar kita bisa memperoleh manfaat optimal dan terhindar dari kemungkinan efek sampingnya, sebaiknya kita memperhatikan hal-hal berikut:

·         Utamakan zat gizi makanan daripada  suplemen. Dalam hal kurang darah, pedoman umum kita pun masih berlaku, yaitu bahwa zat besi dari daging dan makanan lain jauh lebih baik daripada zat besi dari suplemen. Asam folat dari bayam dan brokoli jauh lebih baik daripada asam folat dari suplemen. Karena itu, sebisa mungkin kita sebaiknya mengatasi kekurangan gizi dari makanan sehari-hari, bukan dari suplemen. Jika memang sumber makanan tidak mencukupi, misalnya dalam kondisi hamil yang disertai muntah-muntah terus, barulah kita mempertimbangkan minum suplemen. 
      

·         Sebaiknya pil tidak diminum dalam keadaan perut kosong atau menjelang tidur. Ini perlu dilakukan untuk memperkecil kemungkinan efek mual akibat kandungan zat besi. Jika kita merasa mual saat minum pil tambah darah merek tertentu, kita bisa mencoba merek lain. Bisa saja satu merek pil menyebabkan mual sementara yang lain tidak. Ini tergantung dari formulasi pil itu. Jika suplemen yang kita minum tidak mengandung vitamin C, kita bisa minum pil tambah darah bersama jus buah. Kandungan vitamin C dari buah akan membantu penyerapan zat besi.


·         Jangan terus-terusan minum pil tambah darah, misalnya sampai berbulan-bulan, kecuali atas petunjuk dokter. Jika sampai sebulan kita minum pil tambah darah dan masih saja mengalami 5L, kita patut curiga bahwa masalahnya bukan kurang darah. Mungkin tekanan darah yang rendah atau mungkin penyakit lain.
Dalam kondisi seperti ini, konsumsi pil tambah darah sebaiknya dihentikan. Seperti halnya obat pada umumnya, pil tambah darah pun ada batas dosisnya. Jika kita kebanyakan minum obat ini, kandungan zat besi akan menumpuk di dalam tubuh dan menyebabkan sembelit (susah buang air besar), mual, gangguan usus besar, hingga gangguan pembuluh jantung. Ini perlu kita perhatikan karena orang awam biasanya dengan mudah menyimpulkan seseorang mengalami kurang darah ketika mengalami gejala 5L+ padahal penyebabnya bisa saja lain.


Dapatkan buku karya pemilik blog iniBUKU OBAT SEHARI-HARIterbitan Elex Media Komputindo, di Gramedia, toko buku online, dan toko buku lain.


3 comments:

  1. kalu habis sakit emang kurang darah , minum sangobion

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Saya habis operasi awal bln 8, krn sampai saat ini HB masih dibawah normal & tekanan darah cuma 90/70 saya minum sangobion mulai bln 10 hingga bln 12 ber-turut2. Kira2 berbahayakah?

    ReplyDelete