Sunday, December 4, 2016

MAKAN SEPERTI AYAH DAN IBU

Buku lengkap SOLUSI ANAK SUSAH MAKAN bisa diunduh dengan mengklik gambar berikut:


Makan Seperti Ayah dan Ibu
Cara yang kami terapkan di atas sebetulnya tidak bagus menurut pedoman umum pemberian makan anak. Sebagian besar referensi kesehatan anak menyatakan, anak sebaiknya dibiasakan makan menu yang dimakan kedua orangtuanya. Jadi, dia tidak perlu dibuatkan masakan khusus. Apa yang dimakan orangtuanya, itulah yang dihidangkan kepadanya. 

Karena anak kami sulit makan, akhirnya kami  mengalah dan mengikuti dia dalam hal menu makan. Kalau dia waktunya makan soto, kami pun ikut makan soto. Kalau dia waktunya makan ikan tongkol goreng, kami pun ikut makan tongkol goreng.

Yang Penting, Gizi Cukup
Sumber karbohidrat tidak harus dimakan bersama sumber protein dan lemak. Sekali lagi, orangtua sebaiknya menggunakan perspektif anak. Apalagi menurut Pedoman Gizi Seimbang (pengganti pedoman Empat Sehat Lima Sempurna) sumber karbohidrat jelas bukan hanya nasi.

Banyak orangtua keliru memahami aspek gizi. Mereka menyangka, anak harus makan nasi plus lauk tiga kali dalam sehari, seperti kebiasaan orang dewasa. Pokoknya harus begitu, tidak ada alternatif lain. Kalau memang kita bisa mengajarkan itu kepada si kecil, tentu itu lebih baik. Tapi anak-anak bisa jadi punya kesukaan unik tersendiri. Anak saya, misalnya, senang makan lauk saja tanpa nasi. Bahasa Jawanya, nggado.


Pedoman Gizi Seimbang ini untuk orang dewasa. Tetapi dalam hal variasi makanan, esensinya sama saja dengan pedoman gizi anak balita.

Kalau kami kebetulan mengajak dia berkunjung ke rumah neneknya, sang nenek selalu ketar-ketir melihat dia makan nasi cuma satu sendok. Itu dianggap belum makan.

Kadang kala bahkan dia tidak mau makan nasi sama sekali. Lalu biasanya kami dinasihati ini itu oleh emak saya agar si kecil mau makan nasi. Emak memberi contoh dirinya yang dulu menyuapi anak-anaknya, termasuk saya, dengan nasi plus garam sehingga rasa nasinya asin bukan main. Bahkan hingga dewasa pun saya masih bisa mengingat rasanya yang asin bukan alang kepalang.

Awalnya, kami selalu berusaha agar si kecil meninggalkan kebiasaan nggado. Kami tak henti membujuknya agar dia mau makan lauk dengan nasi. Tapi karena dia sering menolak, kami akhirnya mengalah dan mengikuti kemauannya.

Dia biasa menghabiskan ikan tongkol goreng satu potong kecil atau telur ayam kampung satu butir tanpa nasi. Dan selama beberapa hari kadang dia sama sekali tidak mau makan nasi.

Apakah gizinya cukup? Kalau kita menghitungnya cuma dengan melihat ikan atau telurnya, tentu saja gizinya belum cukup. Agar kebutuhan karbohidratnya terpenuhi, kami juga menyediakan sumber karbohidrat lain yang bisa dia santap tanpa lauk.

Dari contoh kasus anak saya ini, kita bisa melihat bahwa sebetulnya orangtua sering mengkhawatirkan sesuatu yang sebetulnya tidak perlu dicemaskan. Makan telur tanpa nasi bukanlah kebiasaan yang perlu dikhawatirkan asalkan setelah itu si anak juga makan sumber karbohidrat tanpa lauk.

Yang penting, jumlah total gizinya mencukupi. Tidak masalah apakah makanan itu disantap sendiri-sendiri atau bersamaan. Bahkan sebetulnya orang dewasa pun bisa saja menerapkan pola makan seperti ini. Lihat saja para penganut metode food combining.

Mereka di pagi hari cuma sarapan buah tanpa nasi. Siang hari mereka makan nasi plus sayur tanpa lauk. Malam hari mereka makan lauk plus sayur tanpa nasi. Toh kebutuhan gizi mereka tetap terpenuhi.

Masing-masing anak punya keunikan tersendiri. Tugas orangtuanyalah untuk mengenalinya. Tak perlu khawatir jika anak kita memiliki keunikan yang tidak lumrah asalkan masih dalam batas aman. Anak saya, misalnya, sejak usia dua tahunan suka makan sate kambing.

Awalnya dia hanya mencicipi sate kambing yang akan dimakan kakeknya. Ternyata dia menyukainya. Sejak itu, menu sate kambing sesekali masuk ke dalam daftar makanannya. Jika dia sedang ingin makan sate kambing tapi kami tidak membelikannya, dia bisa menangis tak henti-henti sampai kami mengajaknya ke warung.

Kalau makan sate, dia minta kecap manis untuk dia lumurkan sendiri di sate, kemudian dagingnya ia gigit dan ia kunyah-kunyah lalu sarinya ia telan. Serat dagingnya ia lepeh. Dalam sekali makan, dia biasanya menyesap tiga sampai empat iris daging. Cukup banyak untuk ukuran anak usia dua sampai tiga tahun.

Bagi sebagian besar orang, sate kambing dianggap makanan yang tidak cocok buat balita, apalagi batita, karena dianggap “panas”. Tapi saya belum menemukan referensi yang valid mengenai larangan balita makan daging kambing. Berdasarkan pengamatan kami, si kecil juga sama sekali tidak bermasalah dengan daging kambing. Maka kami sama sekali tidak khawatir memberikannya. Kami menganggap ini sebagai keunikannya. Sekali lagi, setiap anak itu unik.




3 comments:

  1.  Obat Pembesar Penis Herbal Vimax Canada
    http://obatkuatoriginal.com/pembesar-penis/vimax-canada-pembesar-penis-herbal.html
     Lintah Oil Pembesar Penis
    http://obatkuatoriginal.com/pembesar-penis/lintah-oil-minyak-lintah.html
     Obat Hernia | Celana Hernia
    http://obatkuatoriginal.com/produk-herbal-kecantikan-dan-kesehatan/obat-hernia-celana.html
     Obat Ambeien | Obat Wasir
    http://obatkuatoriginal.com/produk-herbal-kecantikan-dan-kesehatan/obat-ambeien-wasir.html
     Cara Mengencangkan Payudara
    http://obatkuatoriginal.com/produk-herbal-kecantikan-dan-kesehatan/pembesar-payudara-elektrik.html
     Perangsang Wanita
    http://obatkuatoriginal.com/perangsang-dan-pelicin/potenzol-cair.html

    Kontak Pemesanan :
    Pin BBM : 2B0A56EA
    Tlp / sms / WhatsApp : 081368707020

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. LuckyPoker13.com | Situs BandarQ | Situs Poker | Situs DominoQQ | AduQ | BandarQ Online | Sakong Online |

    1 User ID untuk 7 Game Populer
    *** BONUS TO 0.5% Di BAGIKAN 2x DALAM SEMINGGU ***
    *** BONUS REFF 20% ***
    *** EXTRA JACKPOT ***
    Proses Depo dan WD Yang Sangat Cepat
    Menang Berapa Pun Di Bayar Lunas

    Contact Us :
    - Website : www.Luckypoker.com
    - BBM : D883E18E
    - WA : +855-7093-1285
    - Line : LuckyPoker13
    - WeChat : LuckyPoker13
    - YM : Lucky.Poker13@Yahoo.com

    ReplyDelete