Sunday, December 4, 2016

REFERENSI

Buku lengkap SOLUSI ANAK SUSAH MAKAN bisa diunduh dengan mengklik gambar berikut:




Kalau kita googling di internet dengan kata kunci anak susah makan, mungkin kita hanya akan dibawa berputar-putar dari satu situs ke situs lain yang isi tulisannya itu-itu saja. Harap maklum, Google adalah robot. Ia bekerja berdasarkan rumus yang diprogram di komputer.

Ada situs-situs tertentu yang isinya tidak begitu bagus tapi selalu tampil di halaman pertama pencarian Google. Sebaliknya, ada situs-situs yang tulisannya bermutu tapi jarang sekali keluar di hasil pencarian Google. Agar hasil pencarian sesuai dengan kemauan kita, kitalah yang harus pintar-pintar menggunakan kata kunci.

Yang diuntungkan oleh Google adalah mereka yang pandai menggunakan teknik search engine optimization (SEO). Dan sering kali, situs yang berkualitas tidak didukung oleh kemampuan ini. Nah, agar hasil pencarian kita memuat situs-situs yang layak dijadikan referensi, kita harus menggunakan kata-kata kunci tertentu yang tepat.

Berikut beberapa caranya:
1.      Tambahkan kata kunci dr. spa (singkatan dari dokter spesialis anak) di pencarian kita. Dari sini kita akan langsung menemukan artikel-artikel yang berisi pendapat langsung para dokter spesialis anak seperti Widodo Judarwanto, Rini Sekartini, Rini Purwanti, Damayanti Rusli Sjarif, Ayu Partiwi, dan masih banyak lagi.

2.       Lakukan juga googling lebih spesifik di Google Books (Books.google.com/) dengan kata kunci seperti anak susah makan, gizi anak, atau lainnya. Di sini kita akan diarahkan ke referensi berupa buku. Pada umumnya, buku lebih layak dijadikan rujukan daripada tulisan-tulisan yang bertebaran di berbagai situs yang kadang isinya cuma copy-paste dari tempat lain.

Dari sini kita akan menemukan buku-buku karya dokter atau ahli gizi yang layak dijadikan referensi seperti Orangtua Cermat Anak Sehat (Arifianto), Waspadai Gizi Balita Anda (Sri Adiningsih), Diit Pada Anak Sakit (IKG Suandi), Membesarkan Bayi Jadi Anak Pintar (Handrawan Nadesul), Buku Saku Gizi Bayi (Aslis Wirda Hayati), Menu Sehat Alami untuk Batita & Balita (Budi Sutomo dan Dwiyanti Anggraini), The Baby Book (William Sears dan Martha Sears), dan masih banyak lagi. Sekalipun kita hanya bisa membaca beberapa halaman dari buku-buku itu, isinya cukup untuk dijadikan sebagai referensi. 

3.       Kalau kita mau mendapatkan referensi berbahasa Inggris, kita bisa masuk ke situs Nutrition.org/ dan atau Medlineplus.gov/. Di kedua situs ini tersedia mesin pencari yang akan mengarahkan kita hanya ke situs-situs referensi. Cukup dengan memasukkan kata kunci umum seperti picky eater, kita akan diarahkan ke banyak referensi yang kredibel.


4.       Kalau mau membaca referensi yang lebih ilmiah, lengkap dengan daftar pustakanya, kita bisa mulai dari artikel “Picky Eating: A Toddler's Approach to Mealtime” di situs Medscape.com/. 

No comments:

Post a Comment